Rabu, 04 Agustus 2010

Penggunaan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKn di SD Negeri 004 Teratak Air Hitam

ABSTRAK

Arnalis, 2008. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKn di SD Negeri 004 Teratak Air Hitam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian Tindakan Kelas. Program Studi Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Pembimbing: (I) Dr. Gimin, M.Pd, (II) Hj. Nurmi Chatim, SH.

Kata kunci: penggunaan metode STAD, motivasi belajar

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas IV di SD Negeri 004 Teratak Air Hitam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan pada 22 orang siswa, yang terdiri atas 12 perempuan, dan 10 orang laki-laki. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi untuk data aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan daftar nilai untuk mengumpulkan daya serap siswa, dengan standar minimal 6.5 (ketuntasan minimal).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti aktivitas siswa (motivasi belajar) pada siklus 2 ini mencapai 96.43% (sangat tinggi) dari yang diharapkan. Lebih tinggi 20.24% dari hasil pada siklus 1 yang hanya mencapai 76.19% (tinggi). Keberhasilan ini disebabkan oleh karena guru dalam melaksanakan pembelajaran, telah melakukan langkah pembelajaran metode STAD, seperti: menyampaikan tujuan pembelajaran, menyajikan materi pembelajaran, mengorganisasi kelompok kerja, mengevaluasi, memberikan penghargaan. Pada aktivitas guru terjadi peningkatan pada siklus 2, yaitu sebesar 100%, angka ini cenderung meningkat dibandingkan dengan siklus 1 sebesar 96.00%. Kelemahan penerapan metode STAD pada siklus 1 tersebut telah diperbaiki pada siklus 2, dan mencapai tingkat sangat sempurna, ternyata dapat meningkat tingkat motivasi belajar siswa siswa. Melalui perbaikan proses pelaksanaan metode STAD pada siklus 2 tersebut, tingkat motivasi belajar siswa mencapai ketuntasan individu maupun ketuntasan kelas dengan nilai rata-rata 91.36.
Tindakan Penelitian Tindakan Kelas ini terlihat dari meningkatnya tingkat motivasi belajar siswa pada siklus 2 dibandingkan sebelum penerapan metode kooperatif tipe STAD maupun pada siklus 1 menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran yang dibawakan dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi. Artinya, perencanaan pembelajaran yang dibuat sesuai (cocok) untuk mengatasi permasalahan (gejala) yang terjadi di dalam kelas pada mata pelajaran PKn dari sebelumnya ke siklus 1 hingga siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan tingkat motivasi belajar siswa PKn siswa kelas IV SD Negeri 004 Teratak Air Hitam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Pelajaran 2007/2008.

Tidak ada komentar: