Kamis, 05 Agustus 2010

SURVEY TENTANG PENYESUAIAN SOSIAL ANAK BERDASARKAN LATAR BELAKANG EKONOMI ORANG TUA DI SEKOLAH DASAR KELAS V GUGUS IV TAMPAN PEKANBARU

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul: “SURVEY TENTANG PENYESUAIAN SOSIAL ANAK BERDASARKAN LATAR BELAKANG EKONOMI ORANG TUA DI SEKOLAH DASAR KELAS V GUGUS IV TAMPAN PEKANBARU”. Rumusan masalah: 1) Bagaimana gambaran penyesuaian sosial siswa ditinjau dari latar belakang ekonomi orang tua tergolong mampu? 2) Bagaimana gambaran penyesuaian sosial siswa ditinjau dari latar belakang ekonomi orang tua tergolong cukup mampu? 3) Bagaimana gambaran penyesuaian sosial siswa ditinjau dari latar belakang ekonomi orang tua tergolong kurang mampu?. Tujuan penelitian untuk menjawab 3 permasalahan tersebut. Asumsi: 1) Siswa memiliki penyesuaian sosial yang bervariasi. 2) Penyesuaian sosial siswa dapat diukur dan diidentifikasi indikator-indikatornya. 3) Tingkat penghasilan orang tua siswa adalahbervariasi. Populasi: siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Tampan Pekanbaru Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007, sebanyak 392 orang siswa. Sampel: sebagai sampel diambil sebanyak 98 orang siswa (25%) dengan sampel proporsional random sampel. Metode penelitian: deskriptif. Data: penyesuaian sosial siswa berdasarkan latar belakang ekonomi orang tua di Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Tampan, ditinjau dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Alat pengumpulan data: angket. Teknik analisa data: kurva normal dan teknik persentase. Kesimpulan: 1) Penyesuaian sosial anak berdasarkan latar belakang ekonomi orang tua yang tergolong mampu dalam lingkungan keluarga, kurang dari setengah tergolong baik (39.29%), dalam lingkungan sekolah tergolong baik (32.14%) dan kurang baik (32.14%), dalam lingkungan masyarakat tergolong kurang baik (39.29%). 2) Penyesuaian sosial anak berdasarkan latar belakang ekonomi orang tua yang tergolong cukup mampu pada aspek lingkungan keluarga, kurang dari setengah tergolong cukup baik (44.44%), pada lingkungan sekolah tergolong kurang baik (48.15%), pada aspek lingkungan masyarakat tergolong baik (37.04%). 3) Penyesuaian sosial anak berdasarkan latar belakang ekonomi orang tua yang tergolong kurang mampu dalam aspek lingkungan keluarga, kurang dari setengah tergolong kurang baik (37.50%), dalam lingkungan sekolah tergolong cukup baik (37.50%), dalam lingkungan masyarakat, tergolong cukup baik (37.50%). Rekoemndasi: 1) Temuan penelitian tentang penyesuaian sosial anak berdasarkan latar belakang ekonomi orang tua yang tergolong mampu, pada lingkungan masyarakat, yang tergolong cukup mampu pada aspek lingkungan sekolah, dan yang tergolong kurang mampu pada lingkungan keluarga cenderung kurang baik. Untuk itu diharapkan kepada guru agar memberikan layanan bimbingan sosial kepada siswa, baik secara perorangan maupun secara kelompok. 2) Kepada orang tua agar dapat memberikan perhatian dan pengawasan terhadap penyesuaian sosial anaknya, baik saat di rumah, ketika di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat, seperti dengan menegaskan batas-batas hak dan kewajiban yang pantas dilakukan seorang anak. 3) Kepada peneliti selanjutnya, agar meneliti tentang penyesuaian sosial siswa dikaitkan dengan aspek lain seperti faktor prestasi belajar, jenis kelamin, sosial, budaya, dan aspek lainnya.

Tidak ada komentar: