Kamis, 05 Agustus 2010

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw III untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 002 Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir

ABSTRAK
Tengku Zuraida, 0605162660. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw III untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 002 Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi. Program Studi PKn Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. Pembimbing: (I) Sri Erlinda, S.IP., M.Si, (II) Dra. Hj. Musnelly Eva.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mayoritas minat belajar siswa rendah. Hal ini ditandai dengan hal-hal sebagai berikut: kurang aktif dalam proses pembelajaran sebesar 30%, siswa tidak tertarik untuk bertanya sebesar 40%, kurang perhatian dalam mengikuti pembelajaran PKn sebesar 30%, masih rendahnya nilai PKn siswa di bawah KKM (60) sebesar 53%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar PKn siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw III di Kelas V SD Negeri 002 Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas kelas V pada SD Negeri 002 Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir, berjumlah sebanyak 30 orang, terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dimulai dari bula Februari 2009 hingga Juni 2009.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan skor dari siklus 1 sebesar 87 menjadi 123 pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I memiliki skor 30, meningkat pada siklus II menjadi 35. Keadaan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tipe Jigsaw III dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SD Negeri 002 Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2008/2009.
Tindakan yang dilakukan peneliti adalah: (1) pengelolaan pembelajaran oleh peneliti sudah sesuai dengan tahapan yang dimuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw III dalam proses pembelajaran terutama dari segi guru masih mengalami beberapa kelemahan, khususnya dalam hal menjelaskan model pembelajaran jenis kooperatif tipe Jigsaw III masih terlalu cepat; dan kurang memberikan penghargaan kepada siswa; khusus untuk mencari kalimat pokok dalam pelajaran, guru harus lebih mendalaminya lagi pada pelajaran Bahasa Indonesia, (2) aktivitas dan keantusiasan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran baik, hal ini terlihat dari elemen 1 (bekerja sama dalam kelompok) dari 43,33% meningkat menjadi 60,00%, dan pada elemen 3 (bertanya kepada guru) dari 43,33% meningkat menjadi 50,00%, (3) Siswa sudah mulai aktif memperhatikan dengan serius dan berani mengemukakan pendapatnya serta sudah mulai menanyakan kesulitan dalam belajar, (4) Dalam menyelesaikan tugasnya, siswa telah dapat melakukannya tepat waktu meski harus mendapat bimbingan guru.
Meningkatnya minat belajar pada siklus II dibandingkan siklus 1 menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil terbukti siswa yang mencapai kriteria minat belajar pada klasifikasi tinggi (123). Artinya, perencanaan pembelajaran yang dibuat sesuai (cocok) untuk mengatasi permasalahan (gejala) yang terjadi di dalam kelas pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 002 Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir Tahun Pelajaran 2008/2009.

Kata kunci: Penerapan Tipe Jigsaw III, Minat Belajar Siswa

Tidak ada komentar: